BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Dasar Gagasan Usaha
Cemilan atau makanan-makanan ringan
bisa dikatakan saat ini sangat sering dicari oleh orang-orang untuk dibeli dan
dikonsumsi, hal ini dikarenakan cemilan ini sangat mudah didapatkan dan juga
sangat praktis sehingga konsumen sering memburu cemilan-cemilan untuk dibeli.
Saat ini begitu banyak cemilan-cemilan yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan,
dan juga makanan ringan ini biasanya bermacam-macam jenis yang diperjual
belikan dipinggir-pinggir jalan, salah satu jenis makanan tersebut ialah donat,
mungkin sudah banyak cemilan-cemilan donut sudah sering dijajakan, dari yang
biasa hingga yang sudah sangat terkenal, namun terkadang donut yang
diperjualbelikan dipasar sekarang ini hanya donut berbentuk bulat dan berbahan
baku tepung terigu.
Dengan pertimbangan masalah diatas maka kami ingin mencoba untuk membuka
usaha dibidang donut, namun dengan bentuk dan bahan yang sedikit berbeda,
selain tepung terigu dan bahan pokok-pokok lain kami juga menambahkan bahan
berupa kentang.Dengan kentang donut kami mempunyai cita rasa yang sedikit
berbeda, dan juga donut kami tidak menggunakan bahan pengawet untuk tetap
memikirkan kesehatan para konsumen kami. Dengan ini donat kami memiliki ciri
khas sendiri dengan bentuk huruf alphabet yang dapat mengikat konsumen.
Dari data yang kami dapat, di sekitar daerah Jl. Muhammadiyah depan kampus UNMUHA terdapat banyak mahasiswa
yang lalulalang dan juga warga yang menggunakan jalan raya yang sangat
potensial bagi usaha kami, oleh karena itu merupakan suatau kesempatan bagi
kami untuk membuat suatu usaha dan mengembangkan usaha yang baru kami rintis
ini, supaya dapat mengubah persepsi donut yang penuh bahan pengawet dan tidak
sehat menjadi donut sehat dan kaya rasa tanpa harus menggunakan bahan pengawet.
1.2 Prospek Pasar
Dengan begitu banyaknya usaha makanan ringan yang berbentuk donut karena
kita tahu donut dapat menyentuh
setiap golongan dari anak-anak hingga dewasa menyukai donut. Selain itu juga
didaerah tempat kami buka usaha juga terdapat begitu banyak usaha-usaha yang
lain, sehingga sangat-sangat potensial mengundang calon pelanggan lain diluar
mahasiswa UNMUHA dan warga sekitar. Melihat kondisi diatas , kami pun tertarik
untuk membuat suatu usaha kuliner yang berbentuk cemilan donut huruf dengan
berbagai toping atau tambahan berbagai macam rasa, serta didukung dengan tempat
yang sangat strategis dan banyak calon-calon pelanggan yang beraktifitas
disekitar tempat usaha kami. Dengan demikian, kami yakin prospek pasar usaha
kami sangatlah baik.
1.3 Manfaat Ekonomi
Manfaat ekonomi yang didapat dari usaha ini, adalah :
·
Keuntungan
yang diperoleh dari hasil penjualan.
·
Terciptanya
lapangan pekerjaan baru.
·
Meningkatkan
kesejahteraan masyarakat dengan banyaknya konsumen yang datang sehingga
memotivasi terciptanya lapangan usaha baru.
Manfaat Sosial
·
Mambantu
pemerintah dalam mengembangkan kewirausahaan diIndonesia.
·
Memudahkan
masyarakat dalam memperoleh cemilan donut kentang yang sehat dan
berkualitas.
·
Berkurangnya
jumlah pengangguran
1.4
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi :
Menjadi wirausahawan yang
mandiri dan berkualitas yang dapat bersaing dipasar dan juga dapat
mengembangkan usahanya dengan baik di dalam negeri dan memiliki harapan untuk
mengembangkan usaha hingga ke mancanegara untuk jangka panjangnya.
Misi:
· Mengembangkan suatu usaha yang sudah
ada dengan mengembangkan dan memperbarui produk tersebut dengan lebih sehat dan
berkualitas.
· Membangun dan mengembangkan potensi
diri dalam membangun usaha wirausaha mandiri.
· Membuat
suatu mekanisme wirausaha yang berkualitas sehingga dapat bersaing dipasar.
Tujuan :
·
Memperoleh
suatu keuntungan dan pendapatan dari usaha mandiri yang didirikan untuk
mensejahterakan pemilik dan tenaga kerja.
·
Mengajak
masyarakat untuk hidup sehat dengan produk cemilan yang kita tawarkan.
·
Memperoleh
kepercayaan yang optimal dari konsumen, sehingga dengan adanya kepercayaan yang
diberikan diharapkan usaha yang telah dijalankan dapat lebih berkembang.
BAB II
SALES DAN MARKETING
2.1 Gambaran Umum Pasar Sasaran
Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan ringan.Makanan ringan
yang kami tawarkan yaitu berbentuk
donut huruf yang berbeda dengan donut yang sudah ada dipasaran.Berbagai macam
toping yang bervarian dan bukan hanya itu donat kami terbuat dari kentang bukan
cuma tepung terigu .Donut huruf sangat berbeda dengan donut-donut yang sudah
ada dipasaran karena selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami
gunakan juga berasal dari sayuran jadi donut huruf ini sangatlah sehat namun
tetap menjaga cita rasa yang berkualitas.Sedangkan untuk pengenalan produk
dapat dilakukan secara langsung kepada masyarakat Banda Aceh yang bertempat
sangat strategis dan banyak aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut. Hal itu
akan memudahkan para penggemar donut untuk menikmati produk yang kami tawarkan.
Dengan mengutamakan kualitas produk dan tempat strategis “Donut huruf” akan
dapat bersaing dengan usaha lain yang serupa.
2.2 Jenis produk yang dipasarkan
Produk yang kami jual saat ini adalah berupa makanan ringan. Tanpa
mengenyampingkan kualitas dan lebih memperhatikan kesehatan dari makanan
tersebut, berikut menu-menu yang kami tawarkan :
Menu Special Donut Huruf dengan toping
:
·
Donut
Huruf dengan Toping
Keju
·
Donut
Huruf dengan Toping Coklat
·
Donut
Huruf dengan Toping Strawberry
·
Donut
Huruf dengan Toping Coklat Keju
·
Donut
Huruf dengan Toping Kacang
·
Donut
Huruf dengan Toping Blueberry
Menu Special Donut Huruf Dengan Isi
didalamnya:
·
Donut
Huruf isi Keju
·
Donut
Huruf isi Coklat
·
Donut
Huruf isi Coklat Keju
·
Donut
Huruf isi Selai Kacang
·
Donut
Huruf isi Selai Strawberry
Bukan hanya menawarkan donut dengan varians yang telah tersedia, kami
juga menerima permintaan dari konsumen dengan selera yang berbeda.
Lokasi usaha yang kami pilih adalah Jl. Muhammadiyah Batoh kota Banda
Aceh depan Kampus UNMUHA. Berikut faktor-faktor mengapa daerah tersebut yang
kami pilih:
·
Berada
didekat Kampus UNMUHA yang mahasiswanya banyak melakukan aktifitas didaerah
tersebut.
·
Banyaknya
pedagang yang melakukan usaha didekat daerah tersebut sehingga banyak juga calon
pelanggan dari luar sekitar daerah tersebut.
·
Lokasi
yang sangat strategis karena dilewati berbagai kendaraan umum karena juga tidak
begitu jauh dari terminal Batoh.
2.4 Rencana dan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran pesaing :
a. Product
Persaingan produk makanan ringan atau cemilan-cemilan seperti donut
terbagi menjadi dua persaingan yaitu persaingan langsung dan tidak
langsung.Produk pesaing langsung merupakan jenis produk makanan ringan atau
cemilan seperti donut itu sendiri. Namun, makanan ringan atau cemilan donut ini
biasanya dijual oleh pedagang yang menjajakan makanannya didepan persekolahan
yang banyak dilalui oleh masyarakat.
b. Price
Harga yang ditawarkan pesaing relatif lebih murah dan dapat terjangkau
oleh semua orang dan semua kalangan.
c. Promosi
Pada dasarnya produk cemilan donut yang dijajakan tidak menggunakan
promosi besar-besaran karena produk tersebut ditawarkan secara langsung kepada
konsumen. Konsumen dapat mengetahui produk tersebut karena banyaknya pedagang
yang sering menjajakan produknya tersebut.
d. Place
Sesuai dengan survei yang telah dilakukan diketahui bahwa,
konsumen paling banyak membeli produk cemilan donut dari waring-warung
terdekat, gerai yang sudah ada nama, atau pedagang yang menjajakan produknya
secara langsung.
e. People
Para tenaga kerja yang bekerja dan terlibat dalam kegiatan bisnis
produk makanan cemilan-cemilan donut ini.
f. Physical Evidance
Penjual produk makanan cemilan seperti donut pada umumnya tidak memiliki
ciri khas tersendiri dalam melayani konsumen. Agar konsumen lebih merasa
nyaman, para pelayan atau penjual produk makanan cemilan seperti donut yang
sudah memiliki gerai dan nama biasanya menggunakan seragam dan ciri khas
sendiri supaya terlihat lebih sopan dan rapih.
g. Process
Proses pembuatan produk pesaing yang dilakukan oleh pesaing rata-rata
menggunakan cara yang sama, sehingga rasa yang dihasilkan kurang dapat
dibedakan dengan pesaing lain dan tidak memiliki ciri khas dalam produknya.
Rencana Strategi Pemasaran
Untuk menentukan strategi pemasaran digunakan analisis SWOT
untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi bisnis
ini. Berikut adalah analisisnya :
·
Strength
Kekuatan dari produk yang kita buat terletak pada bahannya yang
menggunakan sayuran yaitu kentang dan juga tidak menggunakannya bahan pengawet
sehingga produk kita terjamin sehat namun tidak meninggalkan kualitas dari cita
rasa produk yang kita buat, karena kita sudah banyak tahu donat-donat sejenis
yang diproduksi oleh pesaing rata-rata mereka tidak memikirkan aspek kesehatan
pada produknya.
·
Weaknesess
Produk kami merupakan produk baru sehingga secara langsung belum
mendapatkan perhatian konsumen dan perlu dibuat strategi promosi yang efektif
dan efisien.Bisnis ini tergantung dari kemampuan innovatornya sejauh mana dapat
mengembangkan usaha yang terhitung baru dan memerlukan keeja keras untuk
memperkenalkan produk baru pada konsumen.
·
Opportunity
Produk baru pasti mempunyai kesempatan untuk berkembang dan
melakukan ekspansi pasar. Selain itu hampir jarang produsen yang menjual donut
dengan memikirkan dari aspek kesehatan, oleh karena itu peluang pasar dari
produk yang kita buat cukup besar.
·
Threat
Hambatan yang kami temui dalam usaha ini kurang pekanya sebagian
konsumen terhadap suatu produk yang memiliki suatu hal yang penting bagi
kebutuhan diri konsumen itu sendiri, terkadang sebagian konsumen tersebut lebih
mementingkan harga yang murah namu bisa membahayakan kesehatan dari si konsumen
tersebut atau malah lebih memilih produk yang mahal agar gengsi meningkat namub
kita tidak pernah tahu apakah produk tersebut baik atau tidak.
BAB III
PRODUKSI DAN OPERASI
3.1 Produk
Bisnis yang dijalankan merupakan bisnis baru dimana menciptakan suatu makanan
yang unik.Pada umumnya semua orang mengenal Donat namun hanya jenis donat
tertentu saja yang dikenal oleh masyarakat. Disini kami ingin menawarkan sebuah
hal yang berbeda kepada masyarakat. Karena jika dilihat dari segmen pasar,
kebanyakan masyarakat perkotaan menyukai suatu makanan yang “aneh” dan unik.
Produk yang kami tawarkan adalah
Donat dengan memiliki ciri khas yang berbeda yaitu:
·
Makanan
yang disajikan secara praktis dan ekonomis
·
Dapat
dijadikan snack
·
Dapat
dikonsumi dimana saja dan kapan saja.
·
Memiliki
rasa yang unik.
3.2 Operasi
3.2.1
Product Layout
Menu utama makanan yang kami sajikan ialah Donat huruf dengan berbagai
macam rasa dan isi.
3.2.2 Process Layout
Sebagai salah satu makanan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan,
dengan khas empuk dan lembutnya donat menjelma menjadi kue dengan bahan, hiasan
(topping) dan rasa yang sangat bervariasi dan kreatif.Berikut kami salin resep
donat huruf praktis yang enak dan lembut.
Bahan :
·
Tepung
terigu protein tinggi
·
Kentang,
kukus, haluskan dan dinginkan
·
Susu
bubuk fullcream
·
Ragi
instant
·
Gula
halus
·
Mentega
·
Garam
·
kuning
telur
·
air
dingin
CARA MEMBUAT DONAT HURUF :
1. Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk,
dan ragi instant, menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan kentang halus, aduk
sampai rata.
2. Masukkan kuning telur dan air
dingin, uleni hingga rata.Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga
elastis.Diamkan selama 15 menit.
3. Masukan adonan kedalam cetakan
sesuai bentuk dan selera.Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
4. Lalu goreng dengan minyak panas di
atas api sedang hingga kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang
tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang. Angkat dan tiriskan lalu hiasi
dengan topping gula halus, coklat leleh, keju atau aneka toping lainnya.
BAB IV
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
4.1 Umum
Nama Perusahaan
: Donut is the letter
Pemilik perusahaan : Ninda
Ravita
Avella Putri
Nabila Utari
Nuris Iktini
Silvy Riskyana
Rosmawati
Alamat tempat
usaha : Jl. Muhammadiyah Batoh, Kota Banda Aceh
Bentuk badan
hukum : Partnership
Tahun
berdiri
: 2018
4.2 Struktur Organisasi dan Job
Description
4.2.1
Struktur Organisasi
4.2.2
Job Description
·
Manajer
(Manager)
·
Bertanggung
jawab terhadap kegiatan operasional usaha termasuk terhadap pengelolaan,
pengembangan dan pengendalian operasi usaha.
·
Mengawasi
dan mengevaluasi kinerja setiap tenaga kerja.
·
Memberikan
perintah terhadap tenaga ksserja berhubungan dengan tanggung jawabnya.
·
Menjalin
hubungan baik dengan pihak luar (eksternal).
·
Memastikan
bahwa seluruh tenaga kerja mematuhi segala peraturan kerja.
·
Bagian
Keuangan (Financial Section)
·
Melayani
konsumen dalam hal pembayaran atas produk yang telah dikonsumsi.
·
Bertanggung
jawab terhadap segala yang berhubungan dengan pencatatan, pemasukan dan
penggunaan keuangan perusahaan.
·
Membuat
laporan keuangan/ neraca laba-rugi.
·
Melaporkan
keadaan keuangan perusahaan kepada manager setiap bulannya.
·
Bagian
Produksi (Production Section)
·
Mangajukan
kebutuhan bahan yang berhubungan dengan proses produksi.
·
Menyediakan
kebutuhan konsumen atas menu yang telah dipesan.
·
Melaporkan
penggunaan bahan kepada manager perusahaan.
·
Memeriksa
persediaan bahan baku.
·
Melayani
setiap konsumen yang datang seperti menanyakan menu yang akan dipesan dan
mengantar pesanan ke konsumen.
·
Menyampaikan
pesanan dari konsumen ke bagian dapur.
·
Menjaga
kebersihan dan kerapihan meja yang telah digunakan oleh konsumen.
·
Bagian
Pemasaran (Marketing)
·
Mempromosikan
produk “Donut Kentang Sehat”
·
Merumuskan
segmentasi, targeting, positioning produk sesuai dengan strategi yang
ditetapkan.
·
Menganalisis
kebutuhan pasar.
·
Menjalin
hubungan baik dengan konsumen.
·
Membuat
laporan pertanggungjawaban.
BAB V
KEUANGAN
5.1
Biaya Proyek
Biaya proyek merupakan gambaran dana yang harus dikeluarkan
untuk memulai usaha. kami membagi pengadaan dana ini menjadi 2 yaitu
investasi dan biaya usaha. Investasi merupakan aktiva tetap yang jumlahnya
tidak akan habis dalam waktu satu tahun. Sedangkan biaya usaha merupakan biaya
yang harus dikeluarkan dalam operasional perusahaan. kami memperhitungkan biaya
usaha dalam kurun 2 bulan karena untuk bulan berikutnya biaya usaha dapat
tergantikan oleh hasil penjualan.
5.2.
Aspek Keuangan
Bahan-bahan untuk membuat donat huruf :
No.
|
Bahan
|
Satuan
|
Harga
|
Jumlah
|
1
|
Tepung
terigu
|
1
karung
|
Rp.
160.000
|
Rp.
160.000
|
2
|
Kentang
|
1
karung
|
Rp.
125.000
|
Rp.
125.000
|
3
|
Ragi
instan
|
10
bungkus
|
Rp.
3000
|
Rp.
30.000
|
4
|
Margarin
|
10
bungkus
|
Rp.
4000
|
Rp.
40.000
|
5
|
Telur
|
10
papan
|
Rp.
25.000
|
Rp.
250.000
|
6
|
Gula
pasir
|
1
karung
|
Rp.
250.000
|
Rp.
250.000
|
7
|
Susu
bubuk
|
10
bungkus
|
Rp.
7000
|
Rp.
70.000
|
8
|
Minyak
sayur
|
30
liter
|
Rp.
13.000
|
Rp.
390.000
|
9
|
garam
|
3 kg
|
Rp.
5000
|
Rp.
15.000
|
10
|
Coklat
|
10
batang
|
Rp.
48.000
|
Rp.
480.000
|
11
|
Keju
|
10 kg
|
Rp.
68.000
|
Rp.
680.000
|
12
|
kacang
|
10 kg
|
Rp.
55.000
|
Rp.
550.000
|
13
|
Strawberry
|
10 kg
|
Rp.
40.000
|
Rp. 400.000
|
14
|
Blueberry
|
10 kg
|
Rp.
72.000
|
Rp.
720.000
|
Total
|
Rp.
4.160.000
|
No.
|
Alat
|
Satuan
|
Harga
|
Jumlah
|
1
|
Cetakan huruf
|
4 pcs
|
Rp.
25.000
|
Rp.
100.000
|
2
|
Kompor gas &tabung
|
2 pcs
|
Rp.
300.000
|
Rp.
600.000
|
3
|
Peralatan dapur (Piring, Nampan ,
Wajan, jepitan kue, baskom)
|
3 pcs
|
Rp.
300.000
|
Rp.
900.000
|
4
|
Plastik/Kardus (pembungkus donat),
Tisu
|
4 pcs
|
Rp.
100.000
|
Rp.
400.000
|
5
|
Mixer
|
2 buah
|
Rp.
800.000
|
Rp.
1.600.000
|
6.
|
Rak kaca
|
1 buah
|
Rp
2.000.000
|
Rp.
2.000.000
|
Total
|
Rp.
5.600.000
|
No.
|
Keteragan
|
Satuan
|
Harga
|
Jumlah
|
1
|
Sewa toko
|
1
tahun
|
Rp.
7000.000
|
Rp.
7.000.000
|
2
|
Biaya Listrik&Air
|
1
bulan
|
Rp.
1000.000
|
Rp.
1. 000.000
|
3
|
• Biaya
promosi (pembuatan brosur + spanduk)
|
100 lembar + 1 lembar
|
Rp. 700 + Rp. 100.000
|
Rp. 170.000
|
4
|
HjGaji
|
6 org
|
Rp. 1.000.000
|
Rp. 6.000.000
|
Total
|
Rp.
14.170.000
|
Pendapatan bulan pertama :
·
Modal
(Owner) Rp.
24.000.000
·
Modal
awal usaha Rp.
23.930.000-
·
Jumlah Rp.
70.000
Pendapatan
penjualan bulan pertama Rp.
18.000.000+
·
Jumlah Rp. 18.070.000
·
Modal (Owner) Rp.
23.930.000-
·
Sisa modal yang belum balik Rp. 5.860.000
Biaya
pengeluaran perbulan (bulan ke 2 )
·
Isi
ulang gas /bulan Rp.75.000 x 2 Rp.
150.000
·
Plastik/Kardus
(pembungkus donat), Tisyu Rp.
400.000
·
Listrik&air Rp.
1.000.000
·
Bahan Rp. 4.160.000
·
Gaji Rp.
6.000.000
Total Pengeluaran Per Bulan Rp.
11.710.000
Pendapatan bulan ke 2 :
·
Pendapatan
kotor Rp.
18.000.000
·
Biaya
pengeluaran tiap bulan Rp. 11.710.000-
·
Jumlah
Rp.
6.290.000
·
Sisa
modal yang belum balik Rp.
5.860.000-
·
Laba
Rp.
430.000
Modal sudah balik di bulan pertama
dan mendapatkan laba Rp. 430.000.
Laba tersebut dengan kesepakatan bersama di masukan ke tamabahan modal
(Kas) agar perusahan terus berkembang.
Pendapatan
perbulan (bulan ke 3 )
·
Pendapatan
kotor Rp.
18.000.000
·
Biaya
pengeluaran tiap bulan Rp. 11.710.000-
·
LABA Rp.
6.290.000
Dengan kesepakatan bersama agar perusahan yang kami dirikan terus
berkembang, maka laba yang kami peroleh setiap bulannya di masukan ke dalam
tambahan modal (kas) selama tahun pertama usaha kami. Ditahun kedua dengan
kesepakatan yang kami buat, laba akan di bagi rata keseluruh owner.
good,terus kembangkan
BalasHapus