Rabu, 18 April 2018

Proposal Usaha Donat Huruf


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Dasar Gagasan Usaha

            Cemilan atau makanan-makanan ringan bisa dikatakan saat ini sangat sering dicari oleh orang-orang untuk dibeli dan dikonsumsi, hal ini dikarenakan cemilan ini sangat mudah didapatkan dan juga sangat praktis sehingga konsumen sering memburu cemilan-cemilan untuk dibeli. Saat ini begitu banyak cemilan-cemilan yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan, dan juga makanan ringan ini biasanya bermacam-macam jenis yang diperjual belikan dipinggir-pinggir jalan, salah satu jenis makanan tersebut ialah donat, mungkin sudah banyak cemilan-cemilan donut sudah sering dijajakan, dari yang biasa hingga yang sudah sangat terkenal, namun terkadang donut yang diperjualbelikan dipasar sekarang ini hanya donut berbentuk bulat dan berbahan baku tepung terigu.
      Dengan pertimbangan masalah diatas maka kami ingin mencoba untuk membuka usaha dibidang donut, namun dengan bentuk dan bahan yang sedikit berbeda, selain tepung terigu dan bahan pokok-pokok lain kami juga menambahkan bahan berupa kentang.Dengan kentang donut kami mempunyai cita rasa yang sedikit berbeda, dan juga donut kami tidak menggunakan bahan pengawet untuk tetap memikirkan kesehatan para konsumen kami. Dengan ini donat kami memiliki ciri khas sendiri dengan bentuk huruf alphabet yang dapat mengikat konsumen.
      Dari data yang kami dapat, di sekitar daerah Jl. Muhammadiyah  depan kampus UNMUHA terdapat banyak mahasiswa yang lalulalang dan juga warga yang menggunakan jalan raya yang sangat potensial bagi usaha kami, oleh karena itu merupakan suatau kesempatan bagi kami untuk membuat suatu usaha dan mengembangkan usaha yang baru kami rintis ini, supaya dapat mengubah persepsi donut yang penuh bahan pengawet dan tidak sehat menjadi donut sehat dan kaya rasa tanpa harus menggunakan bahan pengawet.

1.2 Prospek Pasar
      Dengan begitu banyaknya usaha makanan ringan yang berbentuk donut karena kita tahu donut dapat menyentuh setiap golongan dari anak-anak hingga dewasa menyukai donut. Selain itu juga didaerah tempat kami buka usaha juga terdapat begitu banyak usaha-usaha yang lain, sehingga sangat-sangat potensial mengundang calon pelanggan lain diluar mahasiswa UNMUHA dan warga sekitar. Melihat kondisi diatas , kami pun tertarik untuk membuat suatu usaha kuliner yang berbentuk cemilan donut huruf dengan berbagai toping atau tambahan berbagai macam rasa, serta didukung dengan tempat yang sangat strategis dan banyak calon-calon pelanggan yang beraktifitas disekitar tempat usaha kami. Dengan demikian, kami yakin prospek pasar usaha kami sangatlah baik.


            1.3  Manfaat Ekonomi
      Manfaat ekonomi yang didapat dari usaha ini, adalah :
·         Keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan.
·         Terciptanya lapangan pekerjaan baru.
·          Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan banyaknya konsumen yang datang sehingga memotivasi terciptanya lapangan usaha baru.
                  Manfaat Sosial
·         Mambantu pemerintah dalam mengembangkan kewirausahaan diIndonesia.
·          Memudahkan masyarakat dalam memperoleh cemilan donut kentang yang sehat dan  berkualitas.
·         Berkurangnya jumlah pengangguran

      1.4 Visi, Misi, dan Tujuan

                  Visi :
                   Menjadi wirausahawan yang mandiri dan berkualitas yang dapat bersaing dipasar dan juga dapat mengembangkan usahanya dengan baik di dalam negeri dan memiliki harapan untuk mengembangkan usaha hingga ke mancanegara untuk jangka panjangnya.

                   Misi:
·    Mengembangkan suatu usaha yang sudah ada dengan mengembangkan dan memperbarui produk tersebut dengan lebih sehat dan berkualitas.
·    Membangun dan mengembangkan potensi diri dalam membangun usaha wirausaha mandiri.
·        Membuat suatu mekanisme wirausaha yang berkualitas sehingga dapat bersaing dipasar.

                   Tujuan :
·         Memperoleh suatu keuntungan dan pendapatan dari usaha mandiri yang didirikan untuk mensejahterakan pemilik dan tenaga kerja.
·         Mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan produk cemilan yang kita tawarkan.
·         Memperoleh kepercayaan yang optimal dari konsumen, sehingga dengan adanya kepercayaan yang diberikan diharapkan usaha yang telah dijalankan dapat lebih berkembang.




BAB II
SALES DAN MARKETING

2.1 Gambaran Umum Pasar Sasaran
      Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan ringan.Makanan ringan yang kami   tawarkan yaitu berbentuk donut huruf yang berbeda dengan donut yang sudah ada dipasaran.Berbagai macam toping yang bervarian dan bukan hanya itu donat kami terbuat dari kentang bukan cuma tepung terigu .Donut huruf sangat berbeda dengan donut-donut yang sudah ada dipasaran karena selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan juga berasal dari sayuran jadi donut huruf ini sangatlah sehat namun tetap menjaga cita rasa yang berkualitas.Sedangkan untuk pengenalan produk dapat dilakukan secara langsung kepada masyarakat Banda Aceh yang bertempat sangat strategis dan banyak aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut. Hal itu akan memudahkan para penggemar donut untuk menikmati produk yang kami tawarkan. Dengan mengutamakan kualitas produk dan tempat strategis “Donut huruf” akan dapat bersaing dengan usaha lain yang serupa.

2.2 Jenis produk yang dipasarkan

      Produk yang kami jual saat ini adalah berupa makanan ringan. Tanpa mengenyampingkan kualitas dan lebih memperhatikan kesehatan dari makanan tersebut, berikut menu-menu yang kami tawarkan :
        Menu Special Donut Huruf dengan toping :               
·         Donut Huruf dengan Toping Keju                            
·         Donut Huruf dengan Toping Coklat
·         Donut Huruf dengan Toping Strawberry
·         Donut Huruf dengan Toping Coklat Keju
·         Donut Huruf dengan Toping Kacang
·         Donut Huruf dengan Toping Blueberry

       Menu Special Donut Huruf Dengan Isi didalamnya:

·         Donut Huruf isi Keju
·         Donut Huruf isi Coklat
·         Donut Huruf isi Coklat Keju
·         Donut Huruf isi Selai Kacang
·         Donut Huruf isi Selai Strawberry
                 
      Bukan hanya menawarkan donut dengan varians yang telah tersedia, kami juga menerima permintaan dari konsumen dengan selera yang berbeda.


 2.3 Lokasi Usaha

      Lokasi usaha yang kami pilih adalah Jl. Muhammadiyah Batoh kota Banda Aceh depan Kampus UNMUHA. Berikut faktor-faktor mengapa daerah tersebut yang kami pilih:
·         Berada didekat Kampus UNMUHA yang mahasiswanya banyak melakukan aktifitas didaerah tersebut.
·             Banyaknya pedagang yang melakukan usaha didekat daerah tersebut sehingga banyak juga calon pelanggan dari luar sekitar daerah tersebut.
·            Lokasi yang sangat strategis karena dilewati berbagai kendaraan umum karena juga tidak begitu jauh dari terminal Batoh.

2.4   Rencana dan Strategi Pemasaran
       Strategi pemasaran pesaing :
a. Product
      Persaingan produk makanan ringan atau cemilan-cemilan seperti donut terbagi menjadi dua persaingan yaitu persaingan langsung dan tidak langsung.Produk pesaing langsung merupakan jenis produk makanan ringan atau cemilan seperti donut itu sendiri. Namun, makanan ringan atau cemilan donut ini biasanya dijual oleh pedagang yang menjajakan makanannya didepan persekolahan yang banyak dilalui oleh masyarakat.
b. Price
      Harga yang ditawarkan pesaing relatif lebih murah dan dapat terjangkau oleh semua orang dan semua kalangan.
c. Promosi
      Pada dasarnya produk cemilan donut yang dijajakan tidak menggunakan promosi besar-besaran karena produk tersebut ditawarkan secara langsung kepada konsumen. Konsumen dapat mengetahui produk tersebut karena banyaknya pedagang yang sering menjajakan produknya tersebut.
d. Place
      Sesuai dengan survei yang telah dilakukan diketahui  bahwa, konsumen paling banyak membeli produk cemilan donut dari waring-warung terdekat, gerai yang sudah ada nama, atau pedagang yang menjajakan produknya secara langsung.
e. People
      Para tenaga kerja yang bekerja dan terlibat dalam kegiatan bisnis produk makanan cemilan-cemilan donut ini.
f. Physical Evidance
      Penjual produk makanan cemilan seperti donut pada umumnya tidak memiliki ciri khas tersendiri dalam melayani konsumen. Agar konsumen lebih merasa nyaman, para pelayan atau penjual produk makanan cemilan seperti donut yang sudah memiliki gerai dan nama biasanya menggunakan seragam dan ciri khas sendiri supaya terlihat lebih sopan dan rapih.
g. Process
      Proses pembuatan produk pesaing yang dilakukan oleh pesaing rata-rata menggunakan cara yang sama, sehingga rasa yang dihasilkan kurang dapat dibedakan dengan pesaing lain dan tidak memiliki ciri khas dalam produknya.

      Rencana Strategi Pemasaran
      Untuk menentukan strategi pemasaran digunakan analisis SWOT untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi bisnis ini. Berikut adalah analisisnya :
·         Strength
      Kekuatan dari produk yang kita buat terletak pada bahannya yang menggunakan sayuran yaitu kentang dan juga tidak menggunakannya bahan pengawet sehingga produk kita terjamin sehat namun tidak meninggalkan kualitas dari cita rasa produk yang kita buat, karena kita sudah banyak tahu donat-donat sejenis yang diproduksi oleh pesaing rata-rata mereka tidak memikirkan aspek kesehatan pada produknya.
·         Weaknesess
      Produk kami merupakan produk baru sehingga secara langsung belum mendapatkan perhatian konsumen dan perlu dibuat strategi promosi yang efektif dan efisien.Bisnis ini tergantung dari kemampuan innovatornya sejauh mana dapat mengembangkan usaha yang terhitung baru dan memerlukan keeja keras untuk memperkenalkan produk baru pada konsumen.
·         Opportunity
      Produk  baru pasti mempunyai kesempatan untuk berkembang dan melakukan ekspansi pasar. Selain itu hampir jarang produsen yang menjual donut dengan memikirkan dari aspek kesehatan, oleh karena itu peluang pasar dari produk yang kita buat cukup besar.
·         Threat
      Hambatan yang kami temui dalam usaha ini kurang pekanya sebagian konsumen terhadap suatu produk yang memiliki suatu hal yang penting bagi kebutuhan diri konsumen itu sendiri, terkadang sebagian konsumen tersebut lebih mementingkan harga yang murah namu bisa membahayakan kesehatan dari si konsumen tersebut atau malah lebih memilih produk yang mahal agar gengsi meningkat namub kita tidak pernah tahu apakah produk tersebut baik atau tidak.



BAB III
PRODUKSI DAN OPERASI

3.1 Produk
      Bisnis yang dijalankan merupakan bisnis baru dimana menciptakan suatu makanan yang unik.Pada umumnya semua orang mengenal Donat namun hanya jenis donat tertentu saja yang dikenal oleh masyarakat. Disini kami ingin menawarkan sebuah hal yang berbeda kepada masyarakat. Karena jika dilihat dari segmen pasar, kebanyakan masyarakat perkotaan menyukai suatu makanan yang “aneh” dan unik.
Produk yang kami tawarkan adalah Donat dengan memiliki ciri khas yang berbeda yaitu:
·         Makanan yang disajikan secara praktis dan ekonomis
·           Dapat dijadikan snack
·           Dapat dikonsumi dimana saja dan kapan saja.
·           Memiliki rasa yang unik.
3.2 Operasi
            3.2.1 Product Layout
      Menu utama makanan yang kami sajikan ialah Donat huruf dengan berbagai macam rasa dan isi.



3.2.2 Process Layout
      Sebagai salah satu makanan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, dengan khas empuk dan lembutnya donat menjelma menjadi kue dengan bahan, hiasan (topping) dan rasa yang sangat bervariasi dan kreatif.Berikut kami salin resep donat huruf praktis yang enak dan lembut.

      Bahan :
·         Tepung terigu protein tinggi
·         Kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
·         Susu bubuk fullcream
·         Ragi instant
·         Gula halus
·         Mentega
·         Garam
·         kuning telur
·         air dingin

CARA MEMBUAT DONAT HURUF :
1.      Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant, menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan kentang halus, aduk sampai rata.
2.      Masukkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata.Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga elastis.Diamkan selama 15 menit.
3.      Masukan adonan kedalam cetakan sesuai bentuk dan selera.Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
4.      Lalu goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang. Angkat dan tiriskan lalu hiasi dengan topping gula halus, coklat leleh, keju atau aneka toping lainnya.



BAB IV
ORGANISASI DAN MANAJEMEN

4.1 Umum
      Nama Perusahaan         :  Donut is the letter
      Pemilik perusahaan      : Ninda Ravita
                                             Avella Putri
                                             Nabila Utari
                                             Nuris Iktini
                                             Silvy Riskyana
                                             Rosmawati
      Alamat tempat usaha    : Jl. Muhammadiyah Batoh, Kota Banda Aceh
Bentuk  badan hukum  : Partnership
Tahun berdiri                : 2018

4.2 Struktur Organisasi dan Job Description
4.2.1 Struktur Organisasi


4.2.2   Job Description

·         Manajer (Manager)
·         Bertanggung jawab terhadap kegiatan operasional usaha termasuk terhadap pengelolaan, pengembangan dan pengendalian operasi usaha.
·         Mengawasi dan mengevaluasi kinerja setiap tenaga kerja.
·         Memberikan perintah terhadap tenaga ksserja berhubungan dengan tanggung jawabnya.
·         Menjalin hubungan baik dengan pihak luar (eksternal).
·         Memastikan bahwa seluruh tenaga kerja mematuhi segala peraturan kerja.
·         Bagian Keuangan (Financial Section)
·         Melayani konsumen dalam hal pembayaran atas produk yang telah dikonsumsi.
·         Bertanggung jawab terhadap segala yang berhubungan dengan pencatatan, pemasukan dan penggunaan keuangan perusahaan.
·         Membuat laporan keuangan/ neraca laba-rugi.
·         Melaporkan keadaan keuangan perusahaan kepada manager setiap bulannya.
·         Bagian Produksi (Production Section)
·          Mangajukan kebutuhan bahan yang berhubungan dengan proses produksi.
·          Menyediakan kebutuhan konsumen atas menu yang telah dipesan.
·         Melaporkan penggunaan bahan kepada manager perusahaan.
·         Memeriksa persediaan bahan baku.
·         Melayani setiap konsumen yang datang seperti menanyakan menu yang akan dipesan dan mengantar pesanan ke konsumen.
·         Menyampaikan pesanan dari konsumen ke bagian dapur.
·         Menjaga kebersihan dan kerapihan meja yang telah digunakan oleh konsumen.
·          Bagian Pemasaran (Marketing)
·         Mempromosikan produk “Donut Kentang Sehat”
·         Merumuskan segmentasi, targeting, positioning produk sesuai dengan strategi yang ditetapkan.
·         Menganalisis kebutuhan pasar.
·         Menjalin hubungan baik dengan konsumen.
·         Membuat laporan pertanggungjawaban.




BAB V
KEUANGAN

5.1 Biaya Proyek
      Biaya proyek merupakan gambaran dana yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha. kami membagi pengadaan  dana ini menjadi 2 yaitu investasi dan biaya usaha. Investasi merupakan aktiva tetap yang jumlahnya tidak akan habis dalam waktu satu tahun. Sedangkan biaya usaha merupakan biaya yang harus dikeluarkan dalam operasional perusahaan. kami memperhitungkan biaya usaha dalam kurun 2 bulan karena untuk bulan berikutnya biaya usaha dapat tergantikan oleh hasil penjualan.

5.2. Aspek Keuangan
      Bahan-bahan untuk membuat donat huruf :
No.
Bahan
Satuan
Harga
Jumlah
1
Tepung terigu
1 karung
Rp. 160.000
Rp. 160.000
2
Kentang
1 karung
Rp. 125.000
Rp. 125.000
3
Ragi instan
10 bungkus
Rp. 3000
Rp. 30.000
4
Margarin
10 bungkus
Rp. 4000
Rp. 40.000
5
Telur
10 papan
Rp. 25.000
Rp. 250.000
6
Gula pasir
1 karung
Rp. 250.000
Rp. 250.000
7
Susu bubuk
10 bungkus
Rp. 7000
Rp. 70.000
8
Minyak sayur
30 liter
Rp. 13.000
Rp. 390.000
9
garam
3 kg
Rp. 5000
Rp. 15.000
10
Coklat
10 batang
Rp. 48.000
Rp. 480.000
11
Keju
10 kg
Rp. 68.000
Rp. 680.000
12
kacang
10 kg
Rp. 55.000
Rp. 550.000
13
Strawberry
10 kg
Rp. 40.000
Rp. 400.000
14
Blueberry
10 kg
Rp. 72.000
Rp. 720.000
Total
Rp. 4.160.000

No.
Alat
Satuan
Harga
Jumlah
1
Cetakan huruf 
4 pcs
Rp. 25.000
Rp. 100.000
2
Kompor gas &tabung
2 pcs
Rp. 300.000
Rp. 600.000
3
Peralatan dapur (Piring, Nampan , Wajan, jepitan kue, baskom)
3 pcs
Rp. 300.000
Rp. 900.000
4
Plastik/Kardus (pembungkus donat), Tisu
4 pcs
Rp. 100.000
Rp. 400.000
5
Mixer
2 buah
Rp. 800.000
Rp. 1.600.000
6.
Rak kaca
1 buah
Rp 2.000.000
Rp. 2.000.000
Total
Rp. 5.600.000


No.
Keteragan
Satuan
Harga
Jumlah
1
Sewa toko
1 tahun
Rp. 7000.000
Rp. 7.000.000
2
Biaya Listrik&Air
1 bulan
Rp. 1000.000
Rp. 1.  000.000
3
•    Biaya promosi (pembuatan brosur + spanduk)
100 lembar + 1 lembar
Rp. 700 + Rp. 100.000
Rp. 170.000
4
HjGaji
6 org
Rp. 1.000.000
Rp. 6.000.000
Total
Rp. 14.170.000

Pendapatan bulan pertama :
·         Modal (Owner)                                                                                   Rp. 24.000.000
·         Modal awal usaha                                                                               Rp. 23.930.000-
·         Jumlah                                                                                                 Rp. 70.000
Pendapatan penjualan bulan pertama                                                        Rp. 18.000.000+
·         Jumlah                                                                                                 Rp. 18.070.000
·         Modal (Owner)                                                                                   Rp. 23.930.000-
·         Sisa modal yang belum balik                                                              Rp. 5.860.000
Biaya pengeluaran perbulan (bulan ke 2 )
·         Isi ulang gas /bulan Rp.75.000 x 2                                                      Rp. 150.000
·         Plastik/Kardus (pembungkus donat), Tisyu                                        Rp. 400.000
·         Listrik&air                                                                                           Rp. 1.000.000
·         Bahan                                                                                                  Rp. 4.160.000
·         Gaji                                                                                                     Rp. 6.000.000
 Total Pengeluaran Per Bulan                                                                          Rp. 11.710.000
 Pendapatan bulan ke 2 :
·         Pendapatan kotor                                                                                Rp. 18.000.000
·         Biaya pengeluaran tiap bulan                                                              Rp. 11.710.000-
·         Jumlah                                                                                                 Rp. 6.290.000
·         Sisa modal yang belum balik                                                              Rp. 5.860.000-
·         Laba                                                                                                    Rp. 430.000
Modal sudah balik di bulan pertama dan mendapatkan laba Rp. 430.000.
      Laba tersebut dengan kesepakatan bersama di masukan ke tamabahan modal (Kas) agar perusahan terus berkembang.


Pendapatan perbulan (bulan ke 3 )
·         Pendapatan kotor                                                                                Rp. 18.000.000
·         Biaya pengeluaran tiap bulan                                                  Rp. 11.710.000-
·         LABA                                                                                                 Rp. 6.290.000

      Dengan kesepakatan bersama agar perusahan yang kami dirikan terus berkembang, maka laba yang kami peroleh setiap bulannya di masukan ke dalam tambahan modal (kas) selama tahun pertama usaha kami. Ditahun kedua dengan kesepakatan yang kami buat, laba akan di bagi rata keseluruh owner.



1 komentar:

Proposal Usaha Donat Huruf

BAB I PENDAHULUAN 1.1   Dasar Gagasan Usaha             Cemilan atau makanan-makanan ringan bisa dikatakan saat ini sangat serin...